Tips Kehamilan Sehat dan Mencegah Keguguran

Keguguran adalah hal yang tak ingin dialami oleh ibu hamil. Keguguran biasanya sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Jika bunda pernah mengalami keguguran sebelumnya, sangat tidak disarankan untuk bersedih terlalu lama atau berlarut-larut, karena hal itu akan memengaruhi kesehatan bunda. Dengan menjaga kesehatan bunda, bunda sudah melakukan pencegahan keguguran loh!

Menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran pada bunda. Gaya hidup sehat dimulai dari sebelum dan saat masa kehamilan sangat membantu bunda dalam mengurangi resiko terjadinya keguguran.

Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan bunda untuk mencegah terjadinya keguguran dan menjaga agar janin tetap sehat.

  • Menjaga berat badan

Bunda dapat melakukan diet seimbang untuk menjaga berat badan selama kehamilan. Jangan salah ya bun, diet seimbang yang dimaksud bukan untuk mengurangi porsi makanan, namun perbanyak konsumi makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan janin. Vitamin kehamilan adalah salah satu anjuran yang dapat dikonsumsi oleh bumil, namun jangan hanya mengandalkan vitamin kehamilan ini saja ya. Imbangi dengan mengonsumsi sayur dan buar segar setiap hari untuk mencegah terjadinya keguguran.

Selain itu ada yang harus dipahami oleh bunda, jangan mengonsumsi makanan terlalu banyak dengan alasan untuk makan berdua, yakni bunda dan si janin. Jangan makan terlalu berlebih ya bun, tetap jaga berat badan agar tidak naik tertali drastis. Kenaikan berat badan yang berlebih juga dapat menjadi faktor keguguran.

  • Hindari stres

Selama masa kehamilan disarankan untuk tidak memikirkan hal-hal yang membuat bunda menjadi stress. Stres yang dialami bunda dapat membahayakan janin tanpa disadarinya. Pola hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan kesehatan bunda dan janin menurun. Penelitian menunjukkan bahwa bumil yang stress memiliki risiko keguguran lebih tinggi dibanding dengan bumil yang merasa bahagia dan rileks.

  • Konsumsi obat-obatan

Tidak semua obat bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Ketika bumil mengalami sakit dan perlu minum obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, apakah obat tersebut dapat membahayakan janin atau aman untuk dikonsumsi bumil. Beberapa jenis obat memang ada yang berbahaya untuk janin. Nah, bunda kalau bisa hindari segala jenis obat-obatan untuk menjaga kesehatan janin anda.

E:\kerja\Arase Digital\Klikdokter tahap 3\559 (fimela.com).jpg

Sumber: fimela.com

  • Hindari merokok dan alkohol

Zat pada rokok dapat membahayakan janin dan ibu hamil. Bahaya ini berupa plasenta yang memisahkan diri dari rahim sehingga akan timbul pendaharan membahayakan ibu dan janin. Disarankan pula untuk bunda selalu menjaga diri dari paparan asap rokok. Hal ini untuk mencegah bayi yang terlahir dengan cacat tubuh atau penyakit paru-paru.

  • Olahraga teratur

Olahraga ringan namun rutin dapat membantu bumil untuk agar rahim menjadi lebih kuat dan mengurangi risiko keguguran. Olahraga rutin juga dapat mempersiapkan bumil saat melahirkan nanti. Namun demikian, bumil sangat tidak disarankan untuk berolahraga secara berlebihan yang malah mengakibatkan keguguran atau membahayakan keselamatan ibu dan janin.

  • Kontrol konsumsi gula

Selama masa kehamilan, bumil harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi tidak terkecuali gula. Meningkatnya kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko kecacatan pada janin dan keguguran.

  • Imunisasi

Dianjurkan untuk memperbarui imunisasi saat merencanakan kehamilan. Lakukan imunisasi atau tes darah terlebih dahulu jika anda pernah melewatkan satu jenis imunisasi, sebab beberapa penyakit dapat tertentu dapat memperbesar risiko keguguran. Sebaiknya cek dan konsultasikan kepada dokter dan ahlinya ya bun.

Referensi :

haibunda.com

id.theasianparent.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>